Beberapa karakteristik yang menentukan jenis lebah madu spesifik adalah spesiesnya, ras, wilayah di mana lebah itu ditemukan secara lokal, ukuran populasi lebah atau bahkan garis persegilima dalam sarang lebah yang sering dipakai secara komersial.

Sebenarnya klasifikasi yang jelas dari jenis lebah madu cukup banyak karena pengecualian untuk aturan yang berkaitan dengan klasifikasi jenis lebah madu.

Para ahli memiliki penanda sendiri untuk mengetahui dan mengklasifikasikan jenis lebah madu tertentu.Tidak perlu berpanjang di sini, berikut adalah beberapa jenis lebah madu yang paling umum dan karakteristik unik mereka.

Jenis Lebah Italia

Lebah madu Italia termasuk dalam kategori subspesies dari Apis mellifera ligustica yang berasal dari berbagai bagian Italia, umumnya di selatan Pegunungan Alpen dan bagian utara Sisilia.

Keluarga mereka juga diketahui telah selamat dari Zaman Es terakhir. Lebah madu Italia sebenarnya adalah jenis lebah madu yang paling umum didistribusikan karena telah terbukti cukup adaptif terhadap berbagai jenis iklim mulai dari subtropis hingga suhu dingin, meskipun lebah madu Italia telah diketahui kurang produktif di daerah dengan iklim tropis yang lembab.

Hal ini juga disebabkan karena periode pemeliharaan induknya yang lama, yang berarti sarangnya dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Jenis Lebah Carniolan

Lebah madu Carniolan juga merupakan salah satu lebah madu yang paling banyak digunakan saat ini. Mereka adalah subspesies dari Apis mellifera carnica atau lebah madu barat.

Jenis lebah ini adalah penduduk asli dari negara-negara seperti Slovenia, bagian selatan Austria, beberapa bagian dari Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, Hongaria, Serbia, Bulgaria dan Rumania.

Mereka disukai oleh banyak peternak lebah karena mereka lebih cepat dalam peningkatan populasi serta cukup aman untuk diajak bekerja. Para pekerja pemanen madu cukup menggunakan pakaian penutup yang tidak begitu banyak.

Jenis Lebah Kaukasia

Lebah Kaukasia lebah adalah penduduk asli dari daerah dekat Eropa Timur terutama di dekat Laut Kaspia. Salah satu karakteristik unik dari lebah madu ini adalah lidah panjang yang telah terbukti bermanfaat dalam mengangkut bunga yang lebah madu lain dengan ukuran lidah normal tidak bisa.

Salah satu masalah umum peternak lebah dengan jenis lebah ini khususnya adalah kecenderungan mereka untuk menggunakan jumlah lem lebah yang berlebihan untuk membuat sarang mereka membuat manipulasi menjadi sulit.

Buckfast Bee

Sama seperti hewan peliharaan, manusia juga telah menemukan cara untuk memanipulasi gen lebah agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Dan dengan itu lebah madu buckfast lahir.

Lebah-lebah ini dibesarkan di Jerman dan masih dibesarkan hingga hari ini. Lebah Buckfast adalah produsen madu yang baik, memiliki naluri sengatan rendah, tumbuh dengan cepat meskipun mereka menetap populasinya di musim dingin.

Lebah Rusia

Jenis lebah madu Rusia, seperti namanya, berasal dari wilayah Kars Primorsky di Rusia.

Salah satu ciri yang sangat baik dari lebah Rusia adalah ketahanannya terhadap berbagai jenis tungau parasit yang dapat sangat mempengaruhi produksi madu.

Jenis lebah madu ini saat ini dibiakkan dengan jenis lebah madu lain untuk menghasilkan lebah madu yang produktif dengan daya tahan yang kuat terhadap tungau, meskipun juga telah diamati bahwa mencampurnya dengan spesies lebah lainnya mengurangi produksi mereka.

Illustration by : stocksnap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here