Seperti yang kami tahu, susu dan madu merupakan sumber nutrisi terbaik bagi tubuh. Keduanya mempunyai kadar vitamin, nutrisi dan beraneka senyawa aktif yang menyehatkan fisik maupun psikis. Seperti dilansir berasal dari lamanĀ  boldsky.com, baik susu maupun madu yang dikonsumsi secara rutin mampu berikan manfaat mengagumkan terutama kesehatan tubuh.

Ketika dua bahan ini dicampur dan dikonsumsi secara bersamaan, manfaat yang diberikan pun tak kalah mengagumkan. Ada lebih dari satu manfaat mengagumkan berasal dari proses konsumsi susu campur madu. Maka dari itu bolehkah madu dicampur susu?

Dijawab oleh : dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Pada dasarnya, diatas 1 tahun anak sudah mirip makanannya bersama dengan orang dewasa sehingga memberi madu pada anak tidak perlu ditakuti. Pemberian madu pada anak usia dibawah 1 tahun dianjurkan agar tidak diberikan karena bisa terjangkiti alergen yang mengakibatkan reaksi alergi pada anak dan juga mengakibatkan keracunan.

Madu dalam menyajikannya bisa dijadikan pemanis alami pada makanan atau minuman, sehingga boleh saja dicampurkan bersama dengan susu. Namun begitu, tidak diketahui secara pasti apakah akan berubah kandungan atau akan berkurangn khasiatnya kalau madu dicampurkan ke dalam makanan atau minuman.

Madu diketahui bisa menolong meredakan tanda-tanda batuk. Di samping meredakan batuk, madu juga sanggup meredakan tanda-tanda sakit tenggorokan. Caranya adalah dengan mencampurkannya kedalam teh hangat, atau air hangat yang dicampur bersama dengan lemon.

Sebuah penelitian dilakukan pada 105 anak berusia 2-18 tahun yang sedang menderita infeksi saluran napas atas. Mereka diberikan dua sendok teh madu buckwheat sebelum tidur. Ternyata madu sanggup kurangi tanda-tanda batuk pada malam hari, sehingga melakukan perbaikan kualitas tidur mereka. Studi berikut juga memperbandingkan dampak madu dan zat yang terkandung dalam obat batuk dextromethorphan, dan mendapatkan bahwa madu mirip efektifnya bersama dengan dextromethorphan.

Studi lain dalam jurnalĀ  PediatricsĀ  juga menyatakan bahwa keluhan batuk pada anak-anak yang diberikan madu jadi berkurang, lebih ringan, dan membaik tidurnya dibandingkan group anak yang tidak memperoleh madu.

Anjuran WHO

WHO juga merekomendasikan penggunaan madu untuk membuat sembuh batuk pada negara berkembang yang punyai akses terbatas memperoleh obat-obatan.

Mekanisme kerja madu dalam meredakan batuk sebenarnya belum jelas. Namun diyakini terkandung lebih kurang 181 zat natural yang punyai kebolehan antioksidan dan antimikrobial, di mana gabungan di antaranya sanggup memberi dampak madu jadi obat alami yang efektif.

Yang juga penting, segeralah ke dokter dan menghindari penggunaan madu andaikata penderita mengalami demam, batuk yang memburuk, asma, atau pilek berkesinambungan (lebih dari dua minggu).

Pecinta Madu, itulah sebagian faedah dari mengkonsumsi susu campur madu. faedah yang begitu fantastis dan mengesankan bukan. Semoga informasi ini berfungsi dan semoga kita semua tetap berada dalam kondisi kesehatan yang maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here