5 Prosesi Para Lebah Membuat Madu Yang Manis Dan Enak

0
29

Kebanyakan Anak-anak suka madu sampai-sampai mereka suka bertanya pada orang dewasa pertanyaan ini – Bagaimana para lebah membuat madu?

Kami akan menjelaskan ini dalam 5 langkah sederhana:

1. Koleksi Nektar

Lebah madu mengumpulkan serbuk sari dan nektar di musim semi ketika sebagian besar bunga dan tanaman bermekaran. Mereka menggunakan lidah seperti jerami (disebut proboscis) untuk menghisap nektar dari bunga dan mereka menyimpannya di perut mereka dan membawanya ke sarang lebah.

2. Mengkonversi Nektar menjadi Madu

Sementara di dalam perut lebah selama sekitar setengah jam, nektar bercampur dengan protein dan enzim yang dihasilkan oleh lebah, mengubah nektar menjadi madu.

3. Dengan Sarang Lebah Membuat Madu

Bagaimana lebah membuat gambar madu di sarang, kemudian menjatuhkan madu ke dalam sarang lilin, yang merupakan sel heksagonal terbuat dari lilin yang dihasilkan oleh lebah, dan ulangi proses sampai sarang penuh.

4. Menguapkan Madu

Untuk mempersiapkan penyimpanan jangka panjang, lebah mengipasi sayap mereka untuk menguap dan menebalkan madu (catatan: nektar adalah 80% air dan madu adalah sekitar 14-18% air).

5. Capping Honey

Ketika ini dilakukan, lebah menutup sarang dengan lilin dan beralih ke sarang lebah berikutnya, mulai dari awal lagi.

Jadi, secara singkat, madu yang kita makan adalah nektar bunga yang dikumpulkan oleh lebah madu, dimuntahkan kembali dan dikeringkan untuk meningkatkan sifat nutrisinya.

Lebah juga membuat madu untuk disimpan di dalam sarang sebagai makanan untuk musim dingin ketika tidak ada bunga dan karena itu sedikit nektar tersedia. Madu dari sarang diekstrak atau dilepaskan menjadi cair.Caranya dengan terlebih dahulu melepaskan penutup lilin dengan pisau tajam atau mesin dan kemudian menempatkan frame sarang lebah dalam centrifuge besar untuk mengeluarkan madu dari sarang.

Peternak lebah memiliki pilihan untuk menggunakan kembali frame dengan memasukkannya kembali ke sarang lebah untuk diisi ulang dengan madu daripada melelehkannya untuk membuat lilin. Dengan cara ini, lebah tidak perlu membangun kembali sarang dan peternak lebah memiliki lebih banyak madu untuk dijual.

Yang demikian selalu sangat menarik untuk menjelaskan pertanyaan tentang “bagaimana para lebah membuat madu”. Anda bisa menceritakan dengan menggunakan bahasa yang sangat sederhana kepada anak-anak anda apa itu madu dan bagaimana madu dibuat dan dikumpulkan oleh manusia.

Ilustration by : Pixabay

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here